Salah satu kelompok kategorial di Paroki Santo Paskalis adalah Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI). Organisasi kemasyarakatan ini didirikan pada tanggal 26 Juni 1924 di Yogyakarta. Pada tanggal 26 Juni 2012 Wanita Katolik RI genap berusia 88 tahun.

Tujuan:

  1. Memberdayakan seluruh jajaran Wanita Katolik RI mulai dari unit yang terkecil.
  2. Meningkatkan kualitas hidupnya nilai-nilai Injil dan Ajaran Sosial Gereja di dalam Wanita Katolik RI.
  3. Meningkatkan kualitas kehidupan berdasarkan keadilan sosial.
  4. Memperjuangkan kesetaraan dan keadilan gender dalam semua aspek kehidupan.

Kegiatan Rutin:

  1. Pertemuan anggota bulanan.
  2. Rapat Pleno Pengurus Cabang dan Ranting.
  3. Latihan Koor untuk tugas Gereja pada Misa ke-2 setiap minggu I dalam bulan.
  4. Mengadakan pembahasan kitab suci pada saat pertemuan anggota Ranting.
  5. Mengadakan donor darah 2 kali setahun.
  6. Merangkai Bunga bagi Pengantin yang mengadakan pemberkatan pernikahan di gereja.
  7. Mengadakan kantin dan toko devosional.

Contact Person :

Ketua    :  Ibu Bhernadet Estu Murwati, Kontak 0857 8162 9366

WKRI berkembang terus, dengan kepengurusan di tingkat pusat (Dewan pengurus Pusat), Tingkat daerah/keuskupan (Dewan pengurus Daerah), Tingkat Paroki (Dewan Pengurus Cabang) dan tingkat basis (Dewan Pengurus Ranting). Wanita Katolik RI yang bersifat sosial aktif dan dilandasi Ajaran Sosial Gereja telah melaksanakan  berbagai program kerja dalam upaya menegakan harkat dan martabat manusia serta mewujudkan kesejahteraan bersama.

Saat ini koordinator Presidium Wanita Katolik RI Dewan Pengurus Pusat periode 2008-2013 adalah Ibu Ignatia Endang Kuswantiningsih Siregar. Wanita Katolik RI mempunyai 32 Dewan Pengurus Daerah yang tersebar di seluruh nusantara dari Sabang sampai Merauke. Dewan Pengurus Daerah Jakarta mempunyai 60 cabang di Keuskupan Agung Jakarta.

Wanita Katolik RI cabang Santo Paskalis dibentuk pada tanggal 26 September 1962. Pada tahun 2012 ini  genap berusia 50 tahun. Selama periode itu pula sudah banyak kegiatan yang dilakukan WKRI baik di tingkat Paroki Cempaka Putih maupun di tingkat keuskupan.

Kepengurusan Wanita Katolik Cabang Santo Paskalis dipilih setiap 3 tahun. Untuk periode 2011 hingga 2014 dipimpin oleh ibu Catharina Heru Haryono. Jumlah Ranting sebanyak 10 sesuai dengan jumlah Wilayah di Paroki Paskalis. Jumlah anggota cabang Santo Paskalis saat ini sebanyak 272 anggota dan tentunya akan selalu bertambah sesuai dengan perkembangan umat.

Kegiatan yang dilakukan sangat beragam dan sesuai dengan perkembangan umat dan program nasional serta daerah. Antara lain program untuk pengentasan kemiskinan melalui program pelatihan Perempuan Usaha Kecil (PPUK), peningkatan gizi balita, pencegahan penyalahgunaan Narkoba serta kepedulian terhadap lingkungan hidup dan juga penerapan ajaran sosial Gereja.

Date Updates
Sab, 21/01/2017 - 10:00