Dalam rangka merayakan Natal dan Tahun Baru bersama siswa-siswi SMP Kemurnian II yang beragama Katolik didampingi tiga orang guru, Jumat, 27 Januari 2017 melakukan kunjungan ke Gereja Paroki St. Paskalis Cempaka Putih untuk merayakan ekaristi. Ekaristi dipimpin langsung oleh pastor paroki, Romo Agung Suryanto, OFM. Dalam kotbahnya Romo Agung mengajak anak-anak untuk memaknai arti dan semangat Natal serta meminta agar siswa-siswi dapat mengadakan perubahan dalam diri di tahun yang baru ini. Hal yang menarik dalam kotbah ini adalah ketika beberapa siswa yang pernah berprestasi di sekolah diminta untuk maju ke depan altar. “Seperti bintang di langit, mereka ini adalah bintang di kelas dengan prestasi yang mereka raih. Tekun dan rajin belajar adalah kunci untuk meraih bintang (cita-cita) kalian masing-masing”, ujar Romo Agung.

Setelah merayakan ekaristi, siswa-siswi tidak melewatkan kesempatan untuk merekam momen berahmat ini bersama Romo Agung dengan berfoto bersama di dalam gereja. Mereka juga menyempatkan diri untuk mengenal lingkungan Gereja. Beberapa siswa menggunakan kesempatan untuk berdoa di Goa Maria yang berada tepat di sisi kanan Gereja. Beberapa menit sebelum kembali ke sekolah, mereka mengadakan acara tukar kado.

Bagi siswa-siswi, kunjungan ini merupakan hal yang sangat jarang mereka rasakan karena tahun-tahun sebelumnya perayaan Natal dan Tahun Baru bersama selalu dirayakan di sekolah. Hal inilah yang membuat mereka sangat antusias dalam kunjungan kali ini. “Kegiatan semacam ini jarang terjadi karena selama ini acaranya di sekolah. Kali ini berbeda, saya bisa mengenal gereja lain yang ada di Jakarta”. Begitulah ungkapan dari salah seorang siswa yang ditanyakan oleh pendamping guru agama. Hal serupa juga diungkapkan oleh Romo Agung di media sosialnya.“Terima kasih atas kunjungan kalian Kls 7-9 Sekolah Kemurnian Jkt Barat ke Gereja St Paskalis. Romonya diundang ke sekolahan mah biasa. Sekolah kunjungi gereja di paroki lain, merasakan dan mengikuti misa di situ, itu yg luar biasa. Kalian memang luar biasa! Gbu”.(***Yohanes Alexander)

Seksi/Bidang