Asian Youth Day ke 7 OMK Denat Pusat & Seputar AYD (hari perjumpaan orang muda Katolik se-Asia)logo-ayd-copyRomo Jimmy Hendrik Rance Tnomat, OFM, dalam sesi akhir Misa Ekaristi 16 Juli 2017 , mengajak Orang Muda di Paroki Paskalis berkenan dengan informasi kegiatan paroki misa inkulitasi  pada pengumuman warta menegaskan, sebagai salah satu delegasi dari beberapa paroki yang dipercaya untuk mensukseskan kegiatan AYD ke 7  Yogyakarta, 30 Juli-6 Agustus 2017, di dekenat pusat. Kegiatan AYD di Dekenat pusat diadakan selama dari tanggal 30 Juli 2017 sd 2 Agustus 2017 , para  peserta dari beberapa daerah di Indonesia, & perwakilan dari Philipina,  hadir untuk rangkaian kegiatan (live in), Ekaristi, Studi , festival , Kunjungan Wisata menyambut peserta AYD yang dibuka dengan Misa Inkulturasi, dan para peserta AYD ke 7 Yogyakarta , akan tinggal menetap semantara ke dalam rumah rumah umat. mereka terbagi ke dalam 10 wilayah, dengan jumlah 50 orang, untuk stay Live In selama beberapa hari hingga di tanggal 2 Agustus, mereka berangkat dalam kegiatan AYD ke -7 di Yogyakarta, mari sukseskan bersama untuk kegiatan orang muda tersebut di paroki Cempaka Putih  .


Asian Youth Day ke 7 Dekenat Pusat

Seputar penyelenggaraaan Kegiatan AYD

logo-ayd-copy

Apa itu AYD?

Asian Youth Day (AYD) atau hari orang muda asia adalah perjumpaan orang muda Katolik se-Asia. Acara ini diselenggarakan tiap tiga tahunan dan dihadiri kurang lebih seribu sampai tiga ribu OMK perwakilan dari berbagai negara di Asia. Dalam acara inilah berbagai kegiatan menumbuhkan semangat pewartaan dibuat. AYD digagas oleh pembina OMK se-Asia dan disetutuji oleh Federasi Konferensi Uskup-uskup se-Asia (FABC) dibawah kantor komisi Keluarga dan Kerawam bagian kepemudaan.

 

Apa saja acara dalam AYD?

AYD terdiri dari 3 acara besar yakni Day in the Diocese, Days in AYD’s Venue dan Asian Youth Ministers’ Meeting (AYMM)‎.

 

Days in the Dioceses (DITD)

DITD diadakan 3-4 hari dimana peserta AYD tinggal (live in) di keuskupan-keuskupan di Negara tuan rumah. Peserta datang dan langsung dibawa live in di keuskupan-keuskupan yang telah ditentukan untuk DITD. Di keuskupan-keuskupan inilah peserta belajar sekaligus memberikan pengalaman iman. Kedekatan sebagai satu katolik mulai terbangun. Berbagai kegiatan pun semakin menyatukan. Ada perayaan Ekaristi bersama, doa bersama, festival dan lain-lain. Orang Muda hadir dalam realitas kehidupan umat beriman dan merasakan langsung kehidupan saudara-saudarinya di Negara yang berbeda.

Days in AYD’s Venue

Acara ini diadakan selama 3 atau 4 hari. Semua Peserta DITD menuju ke satu tempat dimana diselenggarakn AYD. OMK yang tersebar di berbagai keuskupan berkumpul bersama. Disini OMK mengikuti upacara pembukaan dan berbagai kegiatan misalnya sharing, refleksi, festival, Ekaristi, sakramen tobat, devosi, doa, dan lain-lain. Orang muda meneguhkan orang muda. Orang muda berbagi untuk orang muda. Pada acara ini juga akan diumumkan Negara penyelenggara berikutnya.

Asian Youth Ministers’ Meeting (AYMM)‎

Acara AYMM diselenggarakan selama 3 hari. Acara ini khusus bagi para Pembina OMK negara-negara Asia. Pesertanya yakni para uskup, pastor, awam yang terlibat dalam komisi kepemudaan tingkat nasional. Dibawah koordinasi Federasi Uskup-uskup se-Asia (FABC) (Kantor Awam dan Keluarga (Office Laity and Family), bagian Kepemudaan (Youth Desk)) membahas evaluasi AYD, dan arah pembinaan OMK se-Asia.

AYD pernah diselenggarakan dimana saja?

AYD sudah 6 kali diadakan di negara-negara yang berbeda-beda. Setiap kali pertemuan mengangkat tema yang berbeda. Istimewanya, AYD ke 7 pada tahun 2017 akan diadakan di Indonesia tepatnya di Keuskupan Agung Semarang. Untuk lebih jelasnya berikut ini perjalanan AYD:

  1. Pertama kali diadakan di Keuskupan Hua Hin Thailand tahun 1999 dengan tema  “Asian Youth Journeying with Jesus Towards the Third Millenium” (OMK Asia berjalan bersama Yesus menyonsong Millennium III)
  2. AYD kedua pada tahun 2001 diadakan di Keuskupan Taiwan di kota Taipei, bertema “We are called to Sanctity and Solidarity” (Kita dipanggil kepada Kekudusan dan Solidaritas)
  3. AYD ketiga diadakan di Keuskupan Bangalore, India tahun  2005 dengan tema “Asian Youth for Peace” (OMK Asia Untuk Perdamaian)
  4. AYD keempat tahun 2006 di Keuskupan Hongkong, dengan tema “Asian Youth, Hope of Asian Families” (OMK Asia, Harapan Keluarga-keluarga Asia)
  5. AYD kelima pada tahun 2009 di keuskupan Imus, Filipina dengan tema “YAsia Fiesta: Young Asians Come Together Share the Word, Live the Eucharist” (Pesta OMK Asia: OMK Asia, datanglah bersama-sama, berbagi Sabda, Hayati Ekaristi).
  6. AYD keenam pada tahun 2014 di Keuskupan Daejeon, Korea, bertema “Wake Up Asian Youth! The glory of the Martyrs shines on you” (OMK Asia, Bangunlah, Kemuliaan para martir bersinar atas kalian).
  7. AYD kejuh direncanakan tahun 2017 di Keuskupan Agung Semarang khususnya kota Yogyakarta dan sekitarnya. Tema yang digagas adalah “Asian Youth: Gospel’s Joy of Multiculturalistic Asia” (OMK Asia: Suka cita Injil bagi Asia yang Majemuk).

Apa yang kita lakukan sebagai Negara penyelenggara AYD?

Tentu kita bangga dan bahagia menjadi Negara penyelenggara. Maka libatkan diri teman-teman dalam peristiwa ini. Teman-teman bisa terlibat dalam kepanitiaan, membuat acara di keuskupan-keuskupan, mempromokan acara ini dan tidak lupa mendoakan acara AYD 2017 terselenggara dengan lancar. Libatkan diri teman-teman, sekecil apapun tentu akan sangat membantu kelancaran acara ini. SELAMAT DATANG AYD 2017!!!

#sumber http://orangmudakatolik.net/ayd-2017/

Tanggal